Prof Dailami Firdaus Desak Pemerintah Berhentikan AHOK karena Berstatus Terdakwa

Kembali kita dipertontonkan dengan jelas dan gamblang bagaimana pemerintahan saat ini benar-benar tidak menjadikan hukum sebagai panglima. Bahkan terjadi pembiaran keterpihakan hukum terhadap seorang terdakwa, dalam hal ini adalah Pa Basuki Tjahya Purnama ( Ahok ).

Dengan status terdakwa, seharusnya ahok sudah diberhentikan sementara sebagai Gubernur DKI Jakarta setelah masa cuti kampanye berakhir. Hal ini mengacu kepada UU Pemda No 23 tahun 2014 Pasal 83 tentang Pemda, ” seorang kepala daerah atau wakil kepala daerah diberhentikan sementara dari jabatannya apabila didakwa melakukan tindak pidana dengan ancaman pidana paling singkat 5 tahun penjara, tindak pidana korupsi, tindak pidana terorisme, makar, tindak pidana terhadap keamanan keamanan negara dan atau perbuatan lain yang dapat memecah belah NKRI.

Bila merujuk surat dakwaan Jaksa, mendakwa mantan Bupati Belitung Timur itu menggunakan pasal 156 dan 156a dakwaan alternatif. Maka berdasarkan Pasal 156a ancaman hukumannya adalah sekurang-kurangnya 5 tahun. Jelas Prof Dailami Firdaus, Anggota DPD RI asal DKI Jakarta.

“Artinya sesuai dengan Pasal 83  UU Pemda, serta sesuai dakwaan hukum Ahok, seharusnya Ahok diberhentikan sementara sejak menjadi terdakwa,”.

Tidak perlu lah kita buka kasus-kasus yang menimpa kepala daerah yang sebelumnya, karena didalam penanganannya jelas hukum berfungsi sesuai dengan ketentuannya. Bila kasus hukum Ahok ini dibiarkan maka jelas Pemerintahan saat ini sudah Inkonstitusional, karena telah melanggar UU.

Selain hukum yang tidak berkeadilan, masyarakat juga diperlihatkan sebuah contoh pemimpin yang tak ber Etika dan bukan negarawan, karena dengan banyaknya masalah hukum yang ditimbulkan, Ahok tetap mempertahankan kekuasaannya, seharusnya sebagai pemimpin yang ber Etika, Ahok mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Gubernur.

Saya menekankan agar pemerintah tegas dalam penanganan masalah hukum ini, jangan tebang pilih apalagi melindungi. Jangan sampai timbul ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintahan juga penegakan hukum, yang akhirnya menimbulkan hal-hal yang mengancam keutuhan NKRI. Tutup Bang Dailami.

author
No Response

Leave a reply "Prof Dailami Firdaus Desak Pemerintah Berhentikan AHOK karena Berstatus Terdakwa"