Bakal Jadi Daerah Istimewa, Senator Ini Dorong Anies Entaskan Kemiskinan di Jakarta

Bakal Jadi Daerah Istimewa, Senator Ini Dorong Anies Entaskan Kemiskinan di Jakarta

March 22, 2022 0 By admin

KOSADATA – Anggota DPD RI, Prof Dailami Firdaus menilai, Jakarta akan menjadi daerah istimewa setelah tidak lagi menjadi ibu kota negara. Senator asli Betawi ini terus memperjuangkan penguatan Masyarakat Betawi tentang perwujudan hak-haknya sebagai masyarakat inti di Provinsi Jakarta ada didalam point perubahan pada status Jakarta nantinya.

Salah satunya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan didorong melakukan percepatan kemiskinan dan perlindungan UMKM di Jakarta. Diakuinya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menjalankan beberapa kebijakan melalui peraturan daerah yang mendukung pengentasan kemiskinan dan perlindungan UMKM.

“Tentunya pendekatan dalam pengentasan kemiskinan tidaklah boleh dengan gaya tradisional hanya memberi selayaknya santunan, pemerintah harus mampu hadir untuk memberikan pembinaan dan mengarahkan aktifitas hidup dari warga yang kurang mampu agar lebih produktif,” ujar Dailami dalam Diskusi Publik yang diinisiasi PKS DKI Jakarta, kemarin.

Dalam diskusi bertemakan” Mengagas Jakarta Masa Depan” itu, Dailami mengakui tidak mudah mengentaskan kemiskinan dengan cara-cara baru. Terlebih, beberapa warga sudah terbiasa dengan tangan dibawah.

Sehingga, tegasnya, perlu sinergitas yang nyata dan kepedulian sesama untuk dapat mewujudkan pengentasan kemiskinan kedepannya.

“Sebagaimana diketahui, belanja pemerintah pusat di DKI Jakarta cukup besar. Pada triwulan I tahun 2021 saja, realisasi belanja pemerintah pusat di DKI Jakarta mencapai Rp.131,18 triliun,” katanya.

Dari besarnya anggaran ini, Dailami mempertanyakan kebijakan pemindahan Ibukota Negara tersebut yang kemungkinan berdampak pada belanja pemerintah pusat di Jakarta. Sehingga akan ada multiplier efek dalam pertumbuhan ekonomi di Jakarta.

sumber : Kosadata